PROFIL MUDIKA 03

MUDIKA 03 {Muda Mudi Karang Taruna RW 03}

Alamat : Jln. TVRI Rw 03 Desa Oro – oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu

Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur

Kode Pos : 65316

Karang Taruna merupakan suatu organisasi kepemudaan yang bersifat sosial yang berfungsi untuk menampung, mengembangkan dan membina segala inspirasi dan potensi para pemuda (anak-anak remaja dan dewasa) yang ada di dalam masyarakat. Karang taruna memiliki program kegiatan yang direncanakan secara jelas sesuai dengan kebutuhan, kemampuan dan permasalahan yang ada di sekitarnya. bagi kami yang sudah merasakan mungkin itulah resiko yang memang pasti dihadapi oleh generasi muda hingga ada sebutan bahasa jawa (adus masalah udan pesoh) atau mandi permasalahan dan hujan kesalahan. Hingga akhirnya pada kepengurusan era 2006-sekarang kami berusaha dan terus berusaha untuk sedikit demi sedikit mengurangi sebutan tersebut, tapi memang nasib generasi muda memang harus terus mengasah kesalahan dan terus maju demi terciptanya kemajuan terutama lingkup RW dan Program Kegiatan Karang Taruna dapat belangsung secara melembaga terarah dan berkesinambungan serta melibatkan seluruh unsur generasi muda yang ada. Untuk mewujudkan kehidupan sosial yang lebih bermakna, masyarakat RW 03 Desa Oro – oro Ombo Kota Batu yang tepatya beralamat JL TVRI membentuk “Karang Taruna”. Dengan Nama MUDIKA 03 {Muda Mudi Karang Taruna RW 03}.
Organisasi ini merupakan salah satu cara untuk pencegahan/preventif terhadap tumbuhnya kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba, minuman keras dan lain-lain melalui kegiatan olah raga, kesenian dan rekreasi dll, sehingga pemuda menjadi aktif dan produktif, dan akhirnya mereka dapat hidup secara mandiri.
Dalam rangka mengoptimalkan kiprah organisasi Karang taruna diperlukan partisipasi dari seluruh unsur yang ada di masyarakat, yakni dari generasi muda, pembina dan masyarakat.Melalui Karang Taruna diharapkan para remaja memperoleh penyaluran yang positif. dengan jalan memanfaatkan event – event untuk kegiatan mulai dirasakan oleh masyarakat lingkungan RW 03 Pada Khusunya dan desa Oro – oro ombo pada umumnya.
Pada saat ini, kami menjalankan program dan telah terlaksana Diantaranya pada kegiatan Olahraga, bantuan berupa sarana dan prasarana olahraga juga selalu di upayakan serta mengoptimalkan latihan-latihan di masing-masing RW sesuai dengan cabang olahraga yang diminata di masing-masing RW.
Untuk cabang olah raga kami fokuskan mendidik adik - adik dengan usia 9 – 14 Tahun.
Pelaksanaan Pengajian dalam rangka peringatan hari besar Islam juga menjadi salah satu program dan sudah pernah dilaksanakan.
Serta untuk kegiatan hari besar nasional (Agustus) kami adakan pagelaran seni tiap 2Tahun sekali dengan tujuan agar masyarakat tidak merasa bosan dan dengan menghematbiaya.
Untuk kegiatan ekonomi dan usaha bersama, saat ini MUDIKA 03 tengah menjalankan program Kegiatan Usaha Bersama yaitu Persewaan alat resepsi khusus di wilayah RW 03 dan masyarakat yang membutuhkan alat – alat yang kami sewakan. Untuk persewaan alat-alat resepsi seluruhnya langsung ditangani oleh para pemuda. Kegiatan lain adalah system pembayaran iuran listrik dan air yang kami tempatkan di Balai RW 03.
Sementara yang sedang kami rencanakan saat ini adalah Home Industri Tusuk Sate dan budidaya Ikan lele.
Semua ini wujud dari pada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota Karang Taruna baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.